logo mobile 2024

Cara Pasang dan Aktifkan GPS Mobil Tracker Sendiri

Alat GPS pada mobil digunakan untuk memberikan informasi yang akurat tentang lokasi terkini kendaraan. Karena tidak semua kendaraan ada pelacak GPS-nya, maka Anda perlu memasangnya sendiri sebagai langkah perlindungan. Lalu, bagaimana cara aktifkan GPS mobil dengan benar?

Artikel ini akan memberi Anda tutorial cara pasang dan aktifkan GPS mobil sendiri dengan benar.

Cara Pasang GPS Mobil Sendiri

Cara Pasang GPS Mobil

Setelah Anda mengetahui apa itu GPS mobil, penting untuk diingat bahwa GPS mobil berbeda dari sistem navigasi. Sistem navigasi hampir selalu ada di hampir setiap mobil, tetapi GPS mobil tidak selalu tersedia dalam setiap kendaraan.

Jika Anda memutuskan untuk memasang GPS di mobil sendiri, sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang baik tentang sistem kelistrikan mobil.

Pemasangan GPS di mobil terkait erat dengan koneksi listrik antara GPS dan aki kendaraan.

Untuk memaksimalkan penggunaan seluruh fitur GPS mobil, penting untuk memahami cara memasang GPS tracker di mobil dengan benar. Berikut adalah panduannya.

  1. Periksa dan pastikan komponen GPS mobil, seperti kabel positif dan negatif, sekring, serta baut-bautnya tersedia dalam jumlah yang sesuai.
  2. Pahami peran dua kabel utama dalam GPS mobil, yaitu kabel positif (berwarna merah) dan kabel negatif (berwarna hitam).
  3. Pasang kabel positif ke sekring GPS mobil. Langkah ini sangat penting agar menghindari potensi korsleting akibat arus pendek.
  4. Pasang semua komponen GPS pada lokasi tertentu di dalam mobil.
  5. Atur sistem GPS secara online agar dapat terhubung dengan smartphone Anda.

Jika Anda kesulitan untuk memasang GPS mobil sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan jasa pasang GPS mobil.

Cara Aktifkan GPS Mobil di HP

Cara Mengaktifkan GPS Mobil Lewat HP

Setelah berhasil memasang GPS mobil, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan GPS mobil dan menghubungkan ke HP. Ini bertujuan agar Anda dapat memantau posisi kendaraan Anda secara real time.

Cara aktifkan GPS mobil lewat HP ini tidaklah sulit. Anda bisa simak beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapkan Kartu SIM dengan Paket Internet

Agar dapat menggunakan GPS mobil, Anda harus memiliki kartu SIM yang sudah dilengkapi dengan paket internet. Ini penting untuk memungkinkan Anda melakukan pemantauan melalui smartphone.
Pilihlah kartu SIM yang memiliki sinyal yang kuat, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mobil berada di daerah terpencil.

2. Masukkan Kartu SIM ke GPS Mobil

Setelah memilih provider/SIM card dengan jaringan yang kuat, langkah selanjutnya adalah memasukkan kartu SIM ke dalam GPS mobil. Pastikan GPS dalam keadaan mati saat memasukkan kartu SIM. Setelah itu, Anda dapat menghidupkan GPS mobil dan memeriksa sinyalnya.

3. Download Aplikasi GPS dan Registrasi

Ada banyak aplikasi GPS tracker mobil gratis yang dapat Anda gunakan, seperti GPS Tracker, Find My Device, Where’s My Droid, dan lain-lain. Pilih aplikasi yang sesuai dengan jenis dan merk GPS mobil yang Anda gunakan.

Selanjutnya, buka aplikasi yang sudah Anda pasang dan masuk dengan akun yang telah Anda buat saat melakukan registrasi. Jika belum memiliki akun, buatlah akun baru dengan mengikuti petunjuk yang ada pada aplikasi.

Anda juga bisa mempelajari cara menggunakan aplikasi tracker GPS mobil agar tidak terjadi kesalahan.

4. Menyambungkan GPS dan HP

Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi untuk menambahkan atau menyambungkan GPS. Masukkan informasi seperti nama, nomor plat, model, warna, dan lain-lain.

Kemudian, pilih opsi untuk menyambungkan GPS dan HP melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Pastikan kedua jaringan ini, baik pada ponsel dan GPS mobil dalam keadaan aktif.

Aplikasi akan mulai mencari perangkat GPS mobil yang ada di sekitar Anda. Tunggu beberapa saat hingga ponsel Anda terhubung dengan GPS. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan berhasil terkoneksi dan tampilan peta yang menunjukkan lokasi GPS mobil Anda saat ini.

Untuk Memastikan GPS Mobil Berfungsi, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

Cara Pasang GPS Mobil

Dalam pemasangan dan penggunaan GPS pada mobil, ada dua faktor kunci yang perlu diperhatikan agar GPS mobil beroperasi dengan baik. Faktor tersebut adalah komponen GPS mobil dan server GPS mobil.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain perangkat GPS itu sendiri, berbagai komponen pendukung seperti kabel positif dan negatif, sekring, dan baut-baut harus disertakan dalam kotak.

Penting untuk membaca buku manual agar memahami peran masing-masing komponen tersebut dan cara memasangnya dengan benar.

Adapun terkait server GPS pada mobil, disarankan untuk memilih GPS mobil yang sudah memiliki server bawaan. Hal ini agar Anda tidak lagi kebingungan dalam menentukan server yang harus Anda gunakan.

Dengan memasang GPS dan menyambungkannya dengan HP Anda, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti misalnya:

  • Melihat histori perjalanan,
  • Menyadap suara,
  • Mengatur alarm, dan lain-lain.

Anda bisa menggunakan GPSKU sebagai GPS tracker yang berkualitas terbaik. GPSKU hadir dengan beragam pilihan GPS yang canggih. Dengan lebih dari 9500+ pengguna GPSKU di seluruh Indonesia, kualitasnya tak perlu Anda ragukan lagi.

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti cara aktifkan GPS mobil di atas. Dengan mengaktifkan GPS mobil Anda, Anda dapat menikmati manfaat dari pelacakan lokasi yang akurat dan keamanan tambahan untuk kendaraan Anda. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan GPS sebagai alat yang berguna dalam perjalanan Anda.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU